Perilaku konsumen dan cakupan prilaku konsumen
PENDAHULUAN 1
Prilaku Konsumen dan Cakupan Prilaku Konsumen
Prilaku Konsumen dan Cakupan Prilaku Konsumen
Siapa sebenarnya konsumen itu ?
Dalam mempelajari pemasaran tentunya kita sudah sering
mendengar tentang konsumen, pertanyaan yang saat ini timbul adalah taukah
kalian siapakah yang di definisikan sebagai konsumen.
Pasar konsumen adalah kelompok
individual (perorangan maupun rumah-tangga) yang membeli dan mengkonsumsi
barang atau jasa untuk kepentingan pribadi maupun keluarganya, tidak ada maksud
lain.
(Budiarto, teguh (1993). Dasar pemasaran. Jakarta:
gunadarma )
Dari definisi pasar konsumen kita
dapat mendefinisikan bahwa konsumen adalahseseorang
(individual) yang mengkonsumsi barang atau jasa untuk kepentingan pribadi
maupun keluarganya, dan tidak memiliki maksud lain.
Selain itu kita dapat melihat definisi konsumen
menurut hukum tertulis sebagaimana PASAL 1 ANGKA 2 UU NO. 8 TAHUN 1999 yang
mendefinisikan Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang
tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan sendiri, keluarga, orang lain,
maupun makhluk hidup lain dan tidak diperdagangkan
Dalam menjalankan usaha konsumen memberikan permintaan
yang harus di di penuhi kebutuhannya, apabila kita dapat melihat peluang deman
tersebut maka kita dapat membuat suatu usaha yang mungkin dapat menghasilkan
profit apabila kita melakukan sebuah reset atau penelitian lebih lanjut sebelum
menjalankan usaha yang di hasilkan peluangan yang kita dapatkan dari kebutuhan
konsumen.
Ciri-ciri konsumen :
Dua wujud konsumen
1. Personal Consumer : konsumen ini membeli atau
menggunakan barang atau jasa untuk penggunaannya sendiri.
2. Organizational Consumer : konsumen ini membeli atau
menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan
organisasi tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar