SEGMENTASI PASAR DAN
ANALISIS DEMOGRAFI
PENGERTIAN, TUJUAN, DAN PERSYARATAN SEGMENTASI PASAR
Jerry
W Thomas (2007) mengatakan bahwa segmentasi pasar adalah pengelompokkan pasar
berdasarkan kesamaan, kemiripan, atau mempunyai keterkaitan yang sama. Tujuan dari
segmentasi pasar adalah agar dapat melakukan prioritas, titik berat, atau
konsentrasi usaha pemasaran dan mendorong pembagian (atau segmen pasar) untuk
mendapatkan keuntungan kompetitif dalam segmen tersebut. Sedangkan menurut
Michael Richarme (2004), tujuan segmentasi pasar adalah membagi konsumen
menjadi kelompok-kelompok yang berbeda sedemikian hingga pesan pemasaran dapat
dirancang sesuai kebutuhan yang spesifik dari setiap kelompok konsumen
tersebut. Setiap segmen pasar memerlukan karakteristik atau fitur produk yang
berbeda, strategi promosi yang berbeda, strategi harga yang berbeda, bahkan
mungkin saluran distribusi yang berbeda juga. Hal tersebut menunjukkan bahwa
identifikasi atau analisis sebuah segmen pasar perlu dilakukan secara
hati-hati, bahkan memerlukan metode riset dengan menggunakan teknik analisis
yang rumit dan kompelks. Namun semuanya tetap disesuaikan dengan kondisi dan
karakteristik dari perusahaannya. Identifikasi segmen pasar yang baik atau
tepat harus memenuhi persyaratan yang mencakup:
1. Homogen di dalam segmen
tersebut.
2. Heterogen antar segmen.
3. Segmen dapat diukur dan memang
penting.
4. Segmen dapat dibedakan secara
jelas dari segmen lainnya.
5. Segmen dapat diakses atau digarap
dan ditindaklanjuti oleh
perusahaan,
dan
6. Segmen dapat menjadi sasaran yang
menguntungkan.
TIPE ATAU JENIS SEGMEN PASAR
Teknik segmentasi pasar bisa sederhana atau bisa juga
cukup rumit. Hal ini tergantung pada seberapa banyak faktor atau variabel yang digunakan
untuk membedakan sebuah segmen pasar dibandingkan dengan segmen yang lainnya.
Faktor atau variabel tersebut cukup hanya satu atau dua variabel saja, atau
mungkin lebih banyak variabel yang digunakan untuk membuat segmentasi pasar.
Sejumlah variabel yang digunakan dalam segmentasi pasar adalah sebagai berikut
:
1. Variabel Geografis, misalnya
wilayah, ukuran populasi, kepadatan, penduduk, iklim, dan lain-lain.
2. Variabel Demografi, misalnya
umur, jenis kelamin, besarnya keluarga, pendidikan, penghasilan, jenis
pekerjaan, agama, faktor sosio ekonomi, bangsa, atau bahasa.
3. Variabel Psikografi, misalnya
keperibadian, gaya hidup, nilai yang dianut, atau sikap, dan
4. Variabel Perilaku, misalnya
tingkat konsumsi atau penggunaan barang, loyalitas terhadap merek, dan
lain-lain.
Berdasarkan faktor pertimbangan atau variabel utama yang digunakan maka segmentasi pasar terdiri dari beberapa jenis atau tipe, yaitu :
1. Segmentasi Geografis
Segmen berdasarkan batas-batas wilayah tertentu, misalnya sebuah perusahaan hanya memasarkan barang atau jasa di wilayah tertentu saja, atau tidak di tempat lain.
Segmen berdasarkan batas-batas wilayah tertentu, misalnya sebuah perusahaan hanya memasarkan barang atau jasa di wilayah tertentu saja, atau tidak di tempat lain.
2. Segmentasi Distribusi
Segmen berdasarkan saluran distribusi tertentu saja, misalnya sebuah produk hanya dipasarkan melalui toko-toko tertentu atau sebuah produk pakaian hanya dijual pada satu butik terkenal saja.
Segmen berdasarkan saluran distribusi tertentu saja, misalnya sebuah produk hanya dipasarkan melalui toko-toko tertentu atau sebuah produk pakaian hanya dijual pada satu butik terkenal saja.
3. Segmentasi Media
Segmen berdasarkan jenis media promosi tertentu, misalnya sebuah produk elektronik hanya dipasarkan melalui promosi gencar hanya melalui TV saja.
Segmen berdasarkan jenis media promosi tertentu, misalnya sebuah produk elektronik hanya dipasarkan melalui promosi gencar hanya melalui TV saja.
4. Segmentasi Harga
Berdasarkan perbedaan harga, misalnya sebuah perusahaan otomotif memproduksi dan memasarkan mobil dengan jenis berbeda-beda tergantung kisaran harganya (mahal, cukup mahal, atau murah).
Berdasarkan perbedaan harga, misalnya sebuah perusahaan otomotif memproduksi dan memasarkan mobil dengan jenis berbeda-beda tergantung kisaran harganya (mahal, cukup mahal, atau murah).
5. Segmentasi Demografis
Segmen pasar berdasarkan karakteristik atau ciri individu dari konsumennya, misalnya produk yang dipasarkan untuk jenis kelamin tertentu, tingkat pendidikan tertentu, atau berdasarkan ciri individu lainnya.
Segmen pasar berdasarkan karakteristik atau ciri individu dari konsumennya, misalnya produk yang dipasarkan untuk jenis kelamin tertentu, tingkat pendidikan tertentu, atau berdasarkan ciri individu lainnya.
6. Segmentasi Waktu
Segmen pasar berdasarkan waktu pemasaran atau penjualan tertentu, misalnya sebuah toko hanya buku di waktu-waktu tertentu yang berbeda dengan yang lain, atau nalah buka 24 jam.
Segmen pasar berdasarkan waktu pemasaran atau penjualan tertentu, misalnya sebuah toko hanya buku di waktu-waktu tertentu yang berbeda dengan yang lain, atau nalah buka 24 jam.
7. Segmentasi Gaya Hidup
atau Psikografi
Segmen berdasarkan analisis multivariate (banyak aspek) dari konsumennya yang dapat mencakup perilaku, nilai yang dianut, sikap, emosi, persepsi, keyakinan, atau minat. Tipe segmen pasar ini relative lebih kompleks dan biasanya memerlukan kegiatan riset kuantitatif dengan berbagai teknik atau metode riset yang relevan.
Segmen berdasarkan analisis multivariate (banyak aspek) dari konsumennya yang dapat mencakup perilaku, nilai yang dianut, sikap, emosi, persepsi, keyakinan, atau minat. Tipe segmen pasar ini relative lebih kompleks dan biasanya memerlukan kegiatan riset kuantitatif dengan berbagai teknik atau metode riset yang relevan.
MANFAAT SEGEMNTASI PASAR
Manfaat yang lain dengan dilakukannya segmentasi pasar, antara lain :
Manfaat yang lain dengan dilakukannya segmentasi pasar, antara lain :
1. Perusahaan akan dapat mendeteksi
secara dini dan tepat mengenai kecenderungan-kecenderungan dalam pasar yang
senantiasa berubah.
2. Dapat mendesign produk yang
benar-benar sesuai dengan permintaan pasar.
3. Dapat menentukan kampanye dan
periklanan yang paling efektif.
4. Dapat mengarahkan dana promosi
yang tersedia melalui media yang tepat bagi segmenyang diperkirakan akan
menghasilkan keuntungan yang lebih besar.
5. Dapat digunakan untuk mengukur
usaha promosi sesuai dengan masa atau periode-periode dimana reaksi pasar cukup
besar.
Gitosudarmo (2000) menambahkan manfaat
segmentasi pasar ini, sebagai berikut :
1. Dapat membedakan antara segmen
yang satu dengan segmen lainnya.
2. Dapat digunakan untuk
mengetahui sifat masing-masing segmen.
3. Dapat digunakan untuk mencari
segmen mana yang potensinya paling besar.
4. Dapat digunakan untuk memilih
segmen mana yang akan dijadikan pasar sasaran.
Hermawan Kertajaya mengatakan bahwa peranan
segmentasi pasar adalah :
1. Memungkinkan kita untuk
lebih fokus masuk ke pasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan
kita.
2. Mendapatkan input mengenai peta
kompetisi dan posisi kita di pasar.
3. Merupakan basis bagi kita untuk
mempersiapkan strategi marketing kitaselanjutnya.
4. Faktor kunci mengalahkan
pesaing dengan memandang pasar dari sudut unik dancara yang berbeda.
PROSES SEGMENTASI PASAR
Proses segmentasi pasar terbagi menjadi beberapa tahap
yaitu :
Tahap survei;
Tahap analisa data;
Tahap pembentukan segmen-segmen pasar;
Tahap identifikasi segmen-segmen pasar;
Tahap targeting segmen pasar.
ANALISIS DEMOGRAFI
Analisis Demografi
adalah analisis penduduk dari rahim hingga liang kubur (from thewomb to the
tomb) karena meliputi analisis penduduk pada seluruh siklus kehidupanmanusia
sejak dari kandungan sampai meninggal.
Demografi, ini
merujuk data statistik penduduk, termasuk pendapatan, rata-rataumur, dan
pendidikan. Kalau menurut Hermawan, demografi ini termasuk dalam Static
Attribute Segmentation, atau cara memandang pasar berdasarkan geografis dan
demografi. Geografis berarti kita melihat pasar berdasarkan wilayah
(negara,kawasan, propinsi, kota). Sedangkan demografi berati kita melihat
pasarberdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, agama dan pendidikan.
MANFAAT ANALISIS
DEMOGRAFI
1. Mempelajari kuantitas dan
distribusi penduduk dalamsuatu daerah tertentu.
2. Menjelaskan pertumbuhan penduduk
pada masalampau, kecenderungannya, dan persebarannyadengan sebaik-baiknya dan
dengan data yang tersedia.
3. Mengembangkan hubungan sebab
akibat antara perkembangan penduduk dengan bermacam-macam aspek organisasi
sosial, ekonomi, budaya, lingkungandan lain-lain.
4. Pemperkirakan pertumbuhan
penduduk (proyeksipenduduk) pada masa yang akan datang dan
kemungkinan-kemungkinan konsekuensinya.
Sumber :
Jerry W. Thomas (2007) “Market Segmentation”. Decision
Analyst.
Beth Horn dan Wei Huang (2009) “Comparison of
Segmentation Approaches”. Decision Analyst.
http://www.scribd.com/doc/43410656/Perilaku-Konsumen-Full
Tidak ada komentar:
Posting Komentar